Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam Yang Benar

Advertisement
Siapa yang tidak suka kue bugis ketan hitam? Hampir semua orang kenal dan menyukai jenis kue ini. Kue yang banyak dijumpai di berbagai acara resepsi ataupun acara penting lainnya ini, sangat diminati oleh masyarakat. Rasanya yang manis bercampur dengan adonan ketan yang sedikit asin, membuat penikmatnya ketagihan dan ingin terus mencicipi kuliner yang enak dimakan selagi hangat. Jadi sangat cocok jika Anda menyiapkan kue bugis ketan hitam untuk acara yang Anda buat.

Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam Yang Benar

Banyak yang masih bingung dalam pembuatan kue bugis ketan hitam agar legit dan enak dimakan. Nah kali ini kami akan memberitahukan bagaimana membuat resep kue legit ini berikut dengan bahan yang harus disiapkan.

Kue Bugis Ketan

Bahan yang diperlukan

Untuk membuat kue bugis dengan rasa yang nikmat, Anda perlu mempersiapkan beberapa bahan yang diantaranya yaitu 100 gram tepung ketan putih, tepung ketan hitam 50 gram, 50 gram kentang yang telah dikukus dan dihaluskan serta 15 gram tepung gula. Untuk persiapan lainnya, pastikan Anda juga menyiapkan ¼ sendok teh garam, 125 ml santan yang terbuat dari ½ butir kelapa yang dipanaskan dan biarkan tetap panas serta ½ sendok teh minyak goreng.

Untuk isiannya, siapkan 100 gram kelapa yang sudah diparut dengan kasar, 50 gram gula merah yang telah diiris tipis, 1/8 sendok teh garam, 50 ml air matang dan 1 lembar daun pandan.

Cara pembuatan kue bugis

Untuk membuat kue bugis ketan hitam, yang pertama dilakukan adalah dengan membuat isian terlebih dahulu. Campur semua bahan isian dan masak hingga kalis lalu dinginkan.

Kini kita lanjut ke tahap pembuatan adonan atau kulitnya, dimana yang dilakukan adalah dengan mencampur ketan putih, kentang, ketan hitam, gula dan garam. Aduk secara merata dengan menggunakan tangan. Tuangkan santan sedikit-sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tambahkan sesekali minyak goreng dan uleni hingga

Ambil sedikit adonan tersebut, lalu piphkan. Masukkan isian secukupnya dan bungkus isian tersebut dengan kulit yang dipipihkan sehingga membentuk seperti bola. Bungkus pula dengan daun pisang yang telah dipotong sesuai ukuran dan telah dibersihkan. Kukus selama 15 menit dengan menggunakan api yang sedang. Buka tutup kukusan setiap 2 menit sekali hingga matang.

Sajian kue bugis ketan hitam kini sudah dapat disantap oleh seluruh keluarga
Advertisement
Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam Yang Benar | Lindsey | 5