Cara Membuat Sayur Sop Yang Disukai Anak

Advertisement
Cara Membuat Sayur Sop Yang Disukai Anak
Banyak orang yang berusaha mencari cara membuat sayur sop yang disukai oleh semua orang terutama anak-anak. Seorang anak yang sedang mengalami tumbuh kembang, memerlukan gizi yang sangat baik untuk proses perkembangannya. Salah satunya dari sayuran yang kaya akan protein nabati. Selain itu kandungan dalam sayuran mampu meningkatkan kecerdasan dan keaktifan anak. Dengan demikian cara membuat sayur sop sangat wajib diketahui bagi seorang ibu rumah tangga.

Selain untuk memperoleh gizi untuk anak-anak, sayur sop juga mampu memberikan kesehatan bagi orang yang sedang sakit. Hal ini karena sayur sop tidak memiliki kandungan lemak seperti santan ataupun daging berlemak tinggi. Cara membuat sayur sop yang lezat berikut ini bisa dijadikan referensi bagi Anda yang kini memiliki anak yang susah makan sayuran.

Bahan Dalam Sayur Sop

Untuk membuat sayur sop, siapkan  bahan isian berupa sayur dan daging ayam yang terdiri dari 100 gram wortel yang telah diiris dengan ketebalan 1 cm, 100 gram kentang yang dipotong dadu sesuai selera, 100 gram kembang kol yang iris sesuai selera dan ½ ekor ayam yang dipotong menjadi 10 bagian atau dipotong kecil-kecil.

Selain bahan utama tadi, siapkan pula bahan atau bumbu pendukungnya yang meliputi 1 sachet bumbu kaldu ayam, ½ sendok teh gula pasir, 2 sendok teh garam, 1 sendok makan merica butir dan bawang putih serta bawang merah masing-masing 3 siung.

Sebagai pelengkap sop, siapkan pula 100 gram makaroni yang telah direndam dalam air panas dan 3 batang daun seledri.

Pembuatan Sayur Sop

Cara membuat sayur sop diawali dengan merebus ayam hingga matang. Saring air rebusan tersebut dan tambahkan 500 ml air lagi lalu didihkan kembali. sementara itu tumis bumbu pelengkap yang yang sebelumnya sudah dihaluskan dan masukkan kedalam panci bumbu jika sudah dirasa matang. Masukkan setelah itu kentang, wortel dan daun seledri hingga bahan menjadi setengah matang. Untuk langkah terakhir, masukkan kembang kol, ayam rebusan, daun bawang serta makaroni. Tunggu hingga matang dan sajikan selagi hangat.

Jika anak sangat susah untuk makan, maka buatlah sebuah bentuk unik dari wortel atau kentang tersebut. Misalnya dengan bentuk bunga atau bentuk lucu lain yang akan menambah semangat anak untuk makan. Demikian cara membuat sayur sop untuk anak maupun orang yang sedang sakit dan pastikan memenuhi kebutuhan sayuran setiap harinya lewat sayur sop.

Advertisement
Cara Membuat Sayur Sop Yang Disukai Anak | Lindsey | 5