Inilah Resep Kue Basah Enak Yang Mudah Pembuatannya

Advertisement

Inilah Resep Kue Basah Enak Yang Mudah Pembuatannya
Kue basah enak tentu akan selalu dicari oleh masyarakat. Rasa suka terhadap jenis kue tradisional ini masih terlihat dari sejumlah toko yang masih menjajakan kue yang cara pemasakannya lebih banyak menggunakan sistem kukusan. Kini kue basah juga sudah merambah ke berbagai kalangan tingkat atas lewat adanya catering untuk seminar atau rapat. Dengan itu, kue basah enak menjadi hal yang masih dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Kali ini kami akan memberitahu cara pembuatan kue Nagasari Hijau yang terkenal sebagai kue basah enak dan segar. Hal ini karena ada irisan buah pisang dan nangka di tengah-tengah kuenya. Untuk mereka yang tidak sabar, simak cara pembuatannya berikut ini.

Bahan pembuat Kue Nagasari Hijau

Untuk membuat kue basah yang enak ini, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan mulai dari adonannya hingga buah pisang dan nangka sebagai isiannya.

Bahan adonan yang diperlukan adalah 200 gram tepung terigu, 50 gram tepung sagu, 50 ml air daun suji yang didapat dari 15 lembar daun suji dan 3 lembar daun pandan, 100 gram gula pasir serta 850 ml santan yang dihasilkan dari 1 butir kelapa. Sebagai penambah citarasa, siapkan pula ½ sendok teh garam dan 2 lembar daun pandan.

Untuk isiannya, siapkan 100 gram kelapa muda yang telah dikeruk secara memanjang, 2 buah nangka yang telah dipotong dadu dan 2 buah pisang tanduk yang telah dikukus, dikupas dan dipotong terlebih dahulu. Sebagai pembungkusnya, siapkan daun pisang muda yang telah dibersihkan.

Pembuatan Kue Nagasari Hijau

Cara pengolahan kue basah enak ini berawal dari melarutkan tepung sagu kedalam 200 ml santan lalu sisihkan. Di lain tempat, aduk secara perlahan tepung beras dengan daun suji dan sisa santan tadi. Tambahkan gula pasir, garam dan daun pandan kemudian panaskan dalam api yang sedang hingga mendidih.

Tuang larutan tepung sagu tadi di awal sedikit demi sedikit hingga licin. Tak lupa, masukkan pula nangka dan kelapa muda serta diaduk hingga rata.

Ambillah potongan daun pisang muda dan beri adonan sesuai selera. Letakkan pisang tanduk di bagian tengahnya dan tutup bungkusan tersebut dengan rapat. Kukus selama 15 menit diatas api yang sedang dan tunggu hingga matang.
Advertisement
Inilah Resep Kue Basah Enak Yang Mudah Pembuatannya | Lindsey | 5