Mudahnya Cara Membuat Bandrek Yang Hangat Untuk Tubuh

Advertisement
Mudahnya Cara Membuat Bandrek Yang Hangat Untuk Tubuh
Cara membuat bandrek bagi masyarakat Jawa Barat jaman dulu sangatlah mudah. Mereka sering mengisi waktu luangnya dengan menikmati sajian minuman hangat ini bersama dengan sahabat atau keluarga tercinta. Kandungan utama berupa jahe sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh yang dilanda kedinginan. Karena kandungannya yang bermanfaat tersebut, banyak dari masyarakat daerah lain mencoba mencari cara membuat bandrek yang mudah.

Bagi masyarakat di daerah Sunda, minuman ini terbilang hampir dapat ditemui di berbagai jalan di ibu kota ataupun pedesaan. Biasanya para pedagang menggunakan gerobak sehingga bisa lebih mendatangi konsumen daripada harus membuat warung-warungan. Mereka pun melengkapi dagangannya dengan berbagai cemilan yang dikukus seperti pisang dan ubi kukus. Untuk lebih mengetahui cara membuat bandrek yang mudah, simak penjelasannya berikut ini.

Resep Bandrek Yang Hangat

• Bahan minuman bandrek
Untuk mendapatkan bandrek yang berkhasiat, pertama siapkan 1000 mili liter air bersih, 200 gram gula merah yang telah diiris agar mudah hancur, 100 gram jahe yang telah dibakar dan dikupas lalu ditumbuk sedikit serta  5 butir cengkeh kering. Persiapan lainnya yaitu 2 daun pandan sebagai pewangi, 4 cm kayu manis, ½ sendok teh garam dan kolang kaling secukupnya ditambah kelapa serutan.

• Langkah membuat bandrek
Cara membuat bandrek yang pertama adalah dengan cara merebus air bersih sebanyak 1000 mili liter. Setelah itu masukkan gula merah yang tadi sudah diiris halus, pandan dan jahe yang sudah ditumbuk atau dimemarkan.

Selang kemudian, masukkan cengkeh, garam dan kayu manis hingga air rebusan menjadi mendidih serta tercium aroma yang harum. Setelah itu saring air rebusan tadi agar bahan yang masih kasar dapat dihilangkan.

Hal yang terakhir adalah menambahkan kolang kaling yang telah diiris tipis agar mudah lunak serta serutan kelapa yang tentunya akan menyegarkan minuman tersebut. Kini bandrek hangat siap tersedia untuk anggota keluarga yang sudah menanti minuman tersebut.

Agar minuman ini tidak terlalu monoton, Anda boleh menambahkannya dengan irisan buah seperti nangka ataupun buah lain yang sesuai dengan rasa dari bandrek. Kini dengan mengetahui cara membuat bandrek yang mudah, Anda bisa menyajikan minuman yang tak hanya enak namun berkhasiat pula.
Advertisement
Mudahnya Cara Membuat Bandrek Yang Hangat Untuk Tubuh | Lindsey | 5