Nikmatnya Es Doger Dan Rahasia Pembuatannya

Advertisement
Nikmatnya Es Doger Dan Rahasia Pembuatannya
Nikmatnya es doger akan sangat berkesan ketika mengkonsumsinya saat cuaca sedang panas dan disajikan dalam keadaan dingin. Es doger merupakan jajanan yang sangat disukai oleh seluruh masyarakat. Selain enak, kandungannya kaya akan khasiat. Namun tak jarang banyak pedagang yang menggunakan bahan pengawet atau kimia berbahaya agar dagangannya menjadi laris. Oleh karena itu sebaiknya Anda membuat sendiri nikmatnya es doger.

Es yang terdiri dari beragam jenis bahan seperti tape dan bahan lainnya tersebut, bisa menjadi andalan Anda ketika ada tamu yang datang berkunjung. Mereka pun pasti akan memuji resep es doger buatan Anda. Nah ingin tahu cara pembuatan nikmatnya es doger? Simak langkah rahasianya di bawah ini.

Rahasia Pembuatan Es Doger

Bagi mereka yang belum mengetahui cara membuat es doger yang merupakan singkatan dari Dorong Gerobak ini, kami akan menjelaskannya kepada Anda secara terperinci.

Bahan yang diperlukan
Beberapa bahan untuk membuat es doger yang nikmat adalah :
  • 1 liter santan yang dihasilkan dari 1 butir kelapa parut
  • 250 gram gula pasir
  • 1/8 sendok teh pewarna merah untuk makanan
  • 2 butir kelapa yang setengah tua, serut dengan halus

Tak hanya itu saja, namun ada pelengkap lain agar es doger menjadi lebih enak dan mantap. Diantaranya yaitu 150 gram tape singkong yang telah dibuang bagian tengahnya dan dipotong menjadi dadu, 150 gram tape ketan yang hitam dan telah siap untuk dipakai serta 100 mili liter susu kental manis yang berwarna putih.

Pembuatan es doger
Nikmatnya es doger bisa didapat dengan cara merebus santan dan gula hingga larut dan mendidih. Selanjutnya yaitu menambahkan pewarna dan aduk secara merata. Angkat dan biarkan hingga menjadi dingin.

Simpan adonan tersebut dalam freezer sehingga membeku dan bisa dikeruk dengan menggunakan sendok. Kocok dengan menggunakan mixer dan lakukan hal tersebut 2-3 kali hingga halus. Pada kocokan yang terakhir, tambahkan serutan kelapa  dan aduk rata.

Untuk penyajiannya, letakkan tape singkong dan tape ketan hitam dalam gelas saji yang agak lebar. Tambahkan kerukan adonan es santan tadi dan tuangi susu kental manis.

Sangat mudah bukan pembuatan es doger yang melegenda tersebut. Kini dengan nikmatnya es doger di rumah sendiri, Anda bisa menjaga kesehatan sekaligus mendapatkan minuman es yang segar.
Advertisement
Nikmatnya Es Doger Dan Rahasia Pembuatannya | Lindsey | 5