Rahasia Pembuatan Es Cincau Hijau Yang Menyegarkan

Advertisement
Rahasia Pembuatan Es Cincau Hijau Yang Menyegarkan
Es cincau hijau memang enak jika disantap saat siang hari. Tak hanya saat cuaca tidak bersahabat, namun bisa juga untuk menu pembuka ketika kita sedang berpuasa. Rasa yang manis dari kuahnya dan sedikit pahit pada cincaunya membuat paduan es cincau menjadi istimewa. Selain menimbulkan kesegaran, ternyata cincau hijau juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi dan panas dalam. Sehingga es cincau hijau memang layak disebut minuman enak berkhasiat.

Bahan utama dari pembuatan cincau sendiri bukanlah dari agar-agar atau sejenisnya. Namun langsung dari daun cincau yang memiliki sifat seperti agar-agar dan dapat membentuk atau mengeras ketika diproses dan diambil zat hijaunya. Agar tidak penasaran, kami sajikan resep es cincau hijau utuk Anda.

• Bahan pembuat cincau

Untuk membuat olahan cincau, yang harus disediakan adalah 50 helai daun cincau hijau yang belum terlalu keras serta 50 ml air matang.

• Bahan pembuatan es cincau

Untuk membuat es cincau hijau, bahannya adalah cincau hijau, ½ liter santan, garam secukupnya, 75 gram gula merah dan 50 ml air matang. Tak lupa siapkan pula 3 helai daun pandan dan es serut.

• Cara pembuatan cincau hijau

Mula-mula, rendam daun cincau dalam baskom dan cuci hingga bersih. Setelah itu buang air pembersih tadi dan siapkan air matang dan gosokkan daun cincau hingga keluar sari hijau daun atau gel hijaunya. Tampung air tersebut dengan hati-hati. Setelah semuanya sudah digosok, saring perasan tersebut dengan menggunakan saringan kain ataupun yang lainnya. Diamkan dan tunggu hingga membentuk seperti agar-agar.

• Pembuatan es cincau

Dalam membuat es cincau yang lezat, buatlah rebusan santan, pandan dan garam hingga mendidih. Sesekali aduklah santan tersebut agar tidak pecah dan menggumpal. Sebagai pemanis, masukkan gula merah, air dan sehelai daun pandan di panci yang lain. Biarkan hingga gula larut secara sempurna, lalu dinginkan.

Untuk penyajiannya, siapkan wadah saji seperi gelas lebar atau mangkuk dan ambil cincau secukupnya. Tambahkan es serut dan siram dengan santan. Siram pula dengan kuah gula dan es cincau pun siap disajikan untuk keluarga.

Itulah resep pembuatan es cincau hijau yang sangat enak dan menyehatkan.
Advertisement
Rahasia Pembuatan Es Cincau Hijau Yang Menyegarkan | Lindsey | 5