Resep Kreasi Bolu Kukus Yang Cerah Ceria

Advertisement
Kreasi bolu kukus kali ini mengetengahkan tentang pembuatan bolu kukus dengan warna cerah dan berwarna warni. Bolu kukus ini dikenal dengan bolu kukus pelangi. Perbedaannya cukup signifikan terutama dari bentuknya yang tidak menggunakan cetak mangkok seperti umumnya bolu kukus. Dengan rasa yang nikmat, kreasi bolu kukus ini menjadi pilihan yang tepat untuk acara resmi ataupun saat bersantai.

Kreasi Bolu Kukus Yang Cerah Ceria
Bolu kukus yang dikenal karena warnanya yang hanya memiliki satu warna ataupun dua warna, kini bisa disajikan dengan berbagai warna sehingga sangat menarik untuk dilihat. Ingin tahu seperti apa bentuk dan rasanya? Ikuti langkah yang kami berikan untuk Anda.
Kreasi Bolu Kukus Pelangi

1. Dalam pembuatan bolu kukus pelangi, yang wajib disiapkan adalah
  • Tepung terigu sebanyak 200 gram dan sudah disaring
  • Gula pasir sebanyak 150 gram
  • Santan kental sekitar 200 ml
  • Telur ayam negeri 4 butir
  • ½ sendok teh cake emulsifier
  • 2 lembar daun pandan yang telah dibersihkan
2. Beberapa pewarna makanan seperti warna hijau, merah dan kuning.

Cara pembuatan untuk mendapatkan bolu kukus pelangi yang sempurna adalah dengan memanaskan santan terlebih dahulu di panci kecil dengan api yang sedang. Tunggu hingga mendidih dan keluar minyak dari santan tersebut. Saring dan takar hingga menjadi 200 ml.

Siapkan wadah untuk kocokan dan masukkan beberapa bahan seperti telur, gula pasir dan emulsifier hingga adonan menjadi lembut. Masukkan tepung terigu secara perlahan dan tambahkan santan tadi hingga adonan terbentuk secara merata.

Bagi adonan menjadi 3 bagian dan beri warna tiap bagiannya dengan warna merah, kuning dan hijau. Setelah itu, siapkan loyang bulat dengan diameter 16 cm yang sebelumnya telah dialasi dengan kertas roti.

Tuang adonan tersebut secara bergantian dengan menggunakan sendok sayur. Tuang hingga loyang menjadi penuh. Setelah selesai, panaskan tempat kukusan dan masukkan adonan yang ada di loyang tersebut. Tunggu hingga menjadi matang dan siap untuk disajikan.

Dengan warna yang cerah, anak-anak pun akan suka dengan kue bolu tersebut. Selain kaya akan karbohidrat, rasanya juga membuat perut akan minta tambah lagi. Jadi kreasi bolu kukus memang sangat bermanfaat dan tentunya lezat.
Advertisement
Resep Kreasi Bolu Kukus Yang Cerah Ceria | Lindsey | 5