Tips Dan Cara Membuat Rendang Empuk Dan Lezat

Advertisement
Tips Dan Cara Membuat Rendang Empuk Dan Lezat
Cara membuat rendang seringkali dibuat bingung bagi mereka yang baru pertama kali mencobanya resepnya. Daging rendang merupakan makanan khas daerah Padang dan disebut-sebut sebagai salah satu makanan terlezat didunia. Jadi jangan salah bila negara tetangga menganggap rendang sebagai makanan khasnya. Karena banyak yang mengatakan pembuatannya cukup rumit, maka banyak pula yang gagal dalam mengetahui cara membuat rendang yang enak sekaligus empuk.

Rendang bisa pula dikeringkan dan dikemas dalam wadah kedap udara serta disimpan dalam freezer. Dengan hal tersebut, rendang mampu bertahan berbulan-bulan dan Anda hanya cukup menghangatkan sebagian saja untuk mengkonsumsinya. Adapun cara membuat rendang yang enak, haruslah menyiapkan beberapa bahan utama yang diantaranya yaitu 500 gram daging sapi segar yang dipotong menjadi 10 bagian. Kemudian 600 ml santan kental yang diolah dari 1 ½ butir kelapa pilihan. Tak lupa siapkan 300 gram baby potato dan 5 sendok makan minyak goreng serta 300 ml air bersih atau masak.

Selain itu terdapat pula bumbu yang harus dihaluskan diantaranya 10 buah cabai merah yang telah diiris, 6 butir bawang merah dan 3 siung bawang putih. Haluskan juga secara bersamaan 3 cm kunyit, 3 cm jahe, 3 cm lengkuas dan 1 sendok makan garam. Selain bumbu halus tersebut, siapkan pula 1 lembar daun kunyit, 1 batang serai dan 2 butir asam kandis.

Cara membuat rendang dimulai dengan  menumis bumbu halus tersebut hingga harum. Setelah itu masukkan potongan daging hingga warna daging menjadi berubah kecoklatan. Masukkan pula daun kunyit, serai dan 2 butir asam kandis. Aduk secara perlahan agar bumbu lebih merata.

Tuangkan air dan baby potato yang sebelumnya telah dibersihkan. Biarkan  dan aduk sesekali hingga air dalam tumisan tersebut sedikit menyurut. Setelah itu, masukkan santan dan masak dalam api yang sedang. Biarkan daging menjadi empuk, kuahnya menjadi sedikit kering dan berminyak. Daging rendang pun siap disajikan.

Ternyata membuat rendang sangatlah sederhana dan tidak sesulit apa yang dikatakan oleh sebagian masyarakat. Terlebih lagi kini sudah ada bumbu yang sudah digiling dan bisa didapatkan di pasar tradisional. Dengan begitu cara membuat rendang akan lebih menyenangkan dan menghasilkan sebuah masakan yang lezat serta kenyang dengan sajian bersama nasi yang hangat.




Advertisement
Tips Dan Cara Membuat Rendang Empuk Dan Lezat | Lindsey | 5