Urap Aneka Sayur Sehat Nan Lezat

Advertisement
Urap Aneka Sayur Sehat Nan Lezat
Urap aneka sayur bisa menjadi pilihan alternatif menu bagi orang-orang yang selama ini tidak begitu menyukai sayuran. Sebagaimana kita tahu, zat-zat bergizi yang dibutuhkan tubuh banyak disumbangkan oleh berbagai jenis sayur mayur. Jika seseorang kurang mengkonsumsi sayuran, berbagai masalah pencernaan biasanya datang menghampiri, misalnya terjadi konstipasi (sembelit) yang bisa membuat perut terasa tidak nyaman. Karena itu mengkonsumsi jenis makanan ini adalah hal penting yang harus diperhatikan pemenuhannya. Salah satunya yakni dengan mengkonsumsi urap aneka sayur sehat nan lezat yang pasti membuat anggota keluarga ketagihan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat urap aneka sayur sangat mudah didapat. Anda tinggal pergi ke pasar atau warung terdekat atau bahkan duduk manis menunggu tukang sayur lewat, niscaya bahan-bahan tersebut akan Anda dapati. Harganya pun relatif murah sehingga tidak akan membuat dompet tipis meringis. Bahan-bahan tersebut yakni:

Bahan sayuran

Sayuran yang akan diurap bisa disesuaikan sesuai selera karena sayuran apa pun umumnya cocok dengan bumbu urap. Alternatif jenis-jenis sayuran yang lazim dijadikan urap diantaranya  kacang panjang, kangkung, bayam, kol, dan tauge.
  
Bahan bumbu

Yang namanya urap pasti bumbu yang wajib ada adalah kelapa parut. Namun bukan hanya kelapa parut yang Anda butuhkan, ada bumbu-bumbu lain yang akan membuat urap semakin lezat. Untuk membuat 5 porsi urap aneka sayur siapkan 200 gram kelapa parut lalu sisihkan. Sedangkan untuk bumbu yang  dihaluskan adalah sebagai berikut:

- 4 buah cabai merah keriting tanpa membuang bijinya,
- Bawang putih 2 siung yang sudah dikupas kulitnya,
- 1 sendok teh merica (bagi yang suka)
- 2 potong kecil rimpang kencur
- 2 lembar daun jeruk untuk membuat aroma dan rasa segar
- 1 1/4 sendok teh garam dan 2 sendok teh gula atau sesuai selera.

Cara membuat urap sayur

Campurkan kelapa parut dan bumbu yang sudah dihaluskan kemudian kukus sebentar sekitar 5-7 menit hingga matang. Rebus kacang panjang, kangkung, bayam dan kol hingga cukup empuk, namun jangan terlalu lama sehingga kandungan zat gizinya larut dalam air rebusan. Sedangkan untuk tauge diseduh sebentar dengan air panas. Angkat dan tiriskan bahan-bahan sayuran kemudian aduk rata dengan bumbu urap yang sudah di kukus tadi.

Urap aneka sayur sehat pun siap dihidangkan dan dinikmati. Kesegaran dan kelezatan rasanya dapat membangkitkan selera makan siapa saja yang mencobanya.
Advertisement
Urap Aneka Sayur Sehat Nan Lezat | Lindsey | 5