Tren Resep Masakan Korea

Advertisement
  Sekarang ini saatnya lagi tren dengan resep masakan korea. Oleh karena itu kami menyajikan beberapa resep masakan korea yang saat ini banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia. Berikut adalah beberapa contoh jenis - jenis masakan Korea ;

1. KIMCHI
Tren  Resep Masakan Korea KIMCHI_ Merupakan makanan khas dan sayur korea,karena di setiap jamuan makan,kimchi merupakan menu yang selalu ada dan tidak pernah ketinggalan.kimchi secara garis besar terbuat dari sayur yang d asinkan dan di awetkan.
Bahan-bahan ;
- 1 buah     sawi putih berukuran besar
- 15 siung     bawang putih
- 1 siung     bawang bombay
-  2 cm     Jahe
- 1/2     lobak
- 1 buah     wortel
-  2 sdm     gula merah yang sudah di serut
   secukupnya     air
- 10 sdm     cabe bubuk (tergantung selera)
- 3 sdm     tepung beras
   secukupnya     daun bawang
   secukupnya     garam kasar

cara membuatnya
    Belah sawi menjadi 2, kemudian belah lagi dibagian pangkal menjadi 2 lg (usahakan bagian pucuk jgn smp terbelah). Cuci sawi hingga bersih, kemudian Baluri setiap helai sawi dengan menggunakan garam kasar. Pastikan seluruh bagian kena. Tambah sedikit air untuk merendam.
    Sawi ini harus diputar sebanyak 3x setiap 30menit. Setelah selesai cuci sawi sampai bersih.
Sambil menunggu rendaman sawi, siapkan bahan lain. Iris daun bawang, Lobak dan wortel potong memanjang seperti korek api.
Campurkan 3sdm tepung beras dengan air secukupnya, kemudian masak dengan api kecil sambil terus diaduk. Kemudian masukkan gula merah yang sudah diparut aduk sampai mengental (jangan terlalu kental)
Blender / haluskan bawang putih, jahe, bawang bombay kemudian masukkan kedalam bubur tepung beras manis yang sudah dingin. Aduk hingga rata
Campurkan bubur tepung beras manis dengan bubuk cabai lalu masukkan semua bahan. (pastikan sawi putih sudah dicuci bersih dari garam). Baluri semua lapisan sawi dengan adonan.
Setelah semua bahan tercampur, masukkan ke dalam toples kedap udara dan diamkan selama 2 hari dengan suhu ruangan.
2 hari kemudian, bisa langsung kita makan / lebih nikmat bila dimasukkan dulu kedalam lemari es dan nikmati selagi dingin. Sisanya simpan dalam lemari es. selamat menikmati sayuran khas asli korea..


2 . Dwenjang Jjiga

Bahan-bahan yang di perlukan
Tren  Resep Masakan Koreatauco secukupnya
1 siung bawang putih cincang
1 buah     bawang bombay cincang
2 lembar rumput laut kering
2-3 sdm ikan teri
1 buah     kentang
2-3 potong tahu
secukupnya jamur enoki
1/2 potong zucchini
secukupnya cabai hijau atau rawit
secukupnya air
secukupnya cabai bubuk

cara membuatanya
    Buat kaldu terlebih dahulu dengan merebus air (banyaknya sesuai dengan banyak kuah sup yang mau dibuat) beserta ikan teri dan rumput laut. Masak hingga mendidih, lalu saring, ambil kuahnya saja.
Rebus kembali kaldu yang sudah disaring. Masukkan bawang putih, bawah bombay, dan kentang. Tunggu 5 menit atau sampai kentang cukup empuk
Masukkan jamur enoki, zucchini, dan cabai.
Masukkan tauco sedikit-sedikit sampai rasa sup terasa pas di lidah. Jika sup terlalu asin, tambahkan air. Jika masih kurang asin, tambahkan lagi tauconya.
Masukkan tahu yang sudah dipotong dadu. Aduk perlahan.
Jika suka pedas, tambahkan bubuk cabai secukupnya.
Dwenjang jjigae siap dinikmati dengan nasi hangat.

 3. Bulgogi

Tren  Resep Masakan Korea    jenis masakan ini juga termauk salah satu jenis masakan korea yang juga di gemari orang indonesia. Lansung saja bahan-bahan yang perlu di siapkan ;

Bahan-bahan

250 gram     daging sapi
3 siung     bawang putih
1/2 ruas     jahe
2 1/2 sdm     kecap manis
2 sdm     minyak wijen
1/2 sdt     kaldu sapi bubuk
1 1/2 sdt     lada bubuk (boleh dikurangi, sesuai selera)
1 sdm     gula merah
secukupnya     garam
1 1/2 sdm     biji wijen disangrai
1 buah     bawang bombay (dipotong kasar)
secukupnya     daun bawang

Cara membuat Bulgogi
    Siapkan semua bahan. Cuci bersih daging, kemudian haluskan bawang putih dan jahe.
Campurkan semua bahan ke dalam daging yang telah dicuci kecuali bawang bombay dan daun bawang. Lalu diamkan ± 1 jam ke dalam kulkas
Setelah 1 jam, panaskan teflon dengan margarin dan tambahkan bawang bombay. Tumis sampai harum. Lalu masukkan daging. Kemudian masukkan daun bawang saat dirasa daging hampir matang agar daun bawang tidak terlalu layu.
Taburkan wijen di atas bulgogi yang sudah matang. Bulgogi sudah siap untuk di hidangkan dan disantap dengan atau tanpa nasi,SELAMAT MENCOBA...

4. KIMBAB

 Resep dan Cara Membuat Kimbab Khas korea
Kimbab merupakan salah satu resep makanan khas Korea yang belakangan ini banyak digemari di Indonesia. Makanan yang satu ini memang sangat bersahabat dengan lidah orang Indonesia karena terbuat dari nasi dan bahan-bahan umum lainnya seperti daging ayam, mentimun, dll.

Nah kali ini kita akan mengulas resep dan cara membuat kimbab khas Korea tersebut. Cara membuatnya sangatlah mudah karena bahan-bahannya ada di sekitar kita. Namun sebelumnya mari kita kenali terlebih dahulu sejarah dan asal usul makanan ini.
Apa Itu Kimbab?


Tren  Resep Masakan Korea

Kimbab atau yang biasa disebut juga sebagai gimbap dan kimbap merupakan makanan khas Korea yang terbuat dari rumput laut dan nasi. Makanan ini sekilas mirip dengan makanan khas Jepang yakni Sushi.

Akan tetapi terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara sushi dan kimbab. Sushi biasanya disajikan dengan cuka dan bumbu lainnya sedangkan kimbab nasinya sudah diberi bumbu sehingga lebih terasa gurih. Kimbab juga bisa dimakan secara langsung tanpa perlu cuka.

Kimbab ini bukanlah makanan mewah karena Anda dapat dengan mudah menemukannya di jalanan Korea. Biasanya kimbab dijadikan sebagai perbekalan untuk sekolah, piknik, dan lainnya. Kimbab juga bisa disajikan dengan makanan lainnya seperti kimchi.

Bahan utama untuk membuat kimbab adalah nasi dan rumput laut. Di dalamnya biasanya ditambahkan aneka macam isian seperti daging ayam, daging sapi, ikan, telur, dan sayuran. Sayuran yang biasanya digunakan ialah mentimun, bayam, wortel.

cara membuat kimbab
Selain berbagai macam bahan tradisional di atas, saat ini kimbab juga banyak menggunakan bahan yang lebih modern seperti keju, gurita, dan tuna. Di Korea juga terdapat beberapa jenis kimbab yang cukup populer seperti:

    Samgak kimbab, yaitu kimbab berbentuk segitiga yang banyak dijual di supermarket di Korea Selatan.
    Chungmu kimbab, yaitu kimbab yang hanya dibuat dari nasi saja. Kimbab yang berasal dari kota Chungmu ini bentuknya lebih tipis dan biasanya tidak diberi bumbu pada permukaannya. Chungmu kimbab biasanya dihidangkan bersama dengan kolddugi muchim.
    Chamchi kimbab, yaitu kimbab yang berisi tuna, wijen, dan mayonese.
    Mayak kimbab, yaitu kimbab yang biasanya ditemukan di Gwangjang Market di Seoul. Konon, orang yang memakan kimbab ini akan ketagihan karena saking nikmatnya kimbab ini .

Bahan-Bahan

Pertama kita persiapkan terlebih dahulu bahan yang akan digunakan. Dalam resep kali ini kita akan menggunakan wortel, timun, dan telur ayam sebagai isiannya. Anda dapat mengganti dan menyesuaikan isiannya sesuai dengan keinginan kita. Berikut adalah bahan-bahannya:

 -   Nasi secukupnya. Pilihlah nasi yang pulen seperti nasi untuk membuat sushi agar mudah untuk dibentuk.
 -   Kim atau nor    Minyak wijen
 -    Gula pasir
 -   Garam
 -   Wortel
 -   Telur dadar yang dipotong memanjang
 -   Timun
 -   Bambu mat atau alat penggulung sushi

Setelah semua bahannya siap, pertama-tama silahkan masak nasi hingga matang dan juga pulen. Goreng telur dadar lalu potong-potong dengan bentuk kecil dan memanjang. Potong-potong juga sayuran lainnya seperti wortel dan mentimun.

Selanjutnya campurkan nasi dengan minyak wijen, gula, dan garam hingga rasanya pas dan sesuai dengan selera. Siapkan penggulung sushi lalu letakan lembaran nori di atasnya. Ingat, letakan bagian nori yang mengkilap menghadap ke bawah.

Selanjutnya tuangkan nasi yang sudah dicampur bahan-bahan ke atas nori tersebut lalu ratakan. Letakan juga timun, wortel, telur dadar di atasnya. Setelah itu gulung semua bahan tersebut menggunakan alat penggulung sushi hingga bentuknya menjadi lonjong.

Agar lembaran norinya bisa menempel,kita bisa mengoleskan air pada bagian ujung dari lembaran nori tersebut. Terakhir, silahkan potong-potong menjadi potongan yang lebih kecil agar mudah untuk dimakan. Nah, kimbab sudah bisa disajikan dan siap untuk dimakan.

Nah itulah dia resep dan cara membuat kimbab ala Korea yang bisa Anda coba. Selamat mmencoba...
  Demikian beberapa resep masakan korea yang kami sajikan,smoga bermanfaat.
Advertisement
Tren Resep Masakan Korea | Lindsey | 5