Tips Membuat Ayam Teriyaki Yang Mantap

Advertisement
Menjelang puasa yang sebentar lagi, tentunya ayam teriyaki bisa menjadi menu yang tepat saat sahur atau berbuka puasa. Ayam yang ditumis dengan citarasa manis ini sangat lazim berada di restoran bergaya Jepang. Untuk mendapatkan rasa ayam yang berbumbu, Anda bisa merendam ayam di malam hari dan baru dimasak pada saat dini hari ketika akan sahur. Dengan nasi yang hangat, ayam teriyaki dapat menjadi santapan yang mengenyangkan sekaligus melezatkan.

Agar ayam teriyaki yang dibuat tidak gagal dan kurang pas, maka perlu adanya panduan yang jelas dan terperinci sehingga Anda tidak kebingungan saat harus membuat makanan tersebut. Berikut ini kami akan paparkan beberapa bahan dan cara dalam membuat teriyaki yang berbahan dasar ayam.

Bahan Yang Harus Disiapkan

Untuk dapat membuat ayam yang dirubah menjadi teriyaki, maka beberapa bahan ini wajib disediakan. Diantaranya yaitu 400 gram paha ayam tanpa tulang, 1 siung bawang bombay yang telah diiris secara halus, 1 siung bawang putih yang telah dimemarkan dan 2 cm jahe yang terlebih dahulu diparut. Untuk bumbu halusnya cukup dengan membeli bumbu teriyaki instant yang bisa didapat di supermarket atau minimarket terdekat. Selain itu sediakan pula 2 sendok makan minyak sayur.

Cara Pembuatan

Untuk mendapatkan ayam teriyaki yang sempurna, cuci terlebih dahulu ayam yang sudah dipotong tanpa tulang tersebut dan tiriskan dari sisa air cucian. Potong ayam menjadi ukuran 3x3 cm dan baluri seluruh sisi ayam dengan bumbu teriyaki instant. Diamkan bumbu meresap sekitar 10 menit.

Setelah semua sudah dilumuri dan didiamkan, panaskan minyak sayur dalam wajan. Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe hingga terasa harum. Masukkan ayam tersebut dan aduk secara perlahan. Tunggu hingga menjadi masak dan kuah bumbu mulai mengental. Setelah semuanya sempurna, teriyaki pun siap dihidangkan.

Untuk pelengkap serat, sajikan dengan salad wortel dan kol yang telah diiris secara halus. Dengan begitu Anda sudah mendapatkan kandungan yang baik selama menjalani puasa. Kini tak perlu khawatir lagi sahur dengan menu yang sama, karena sudah ada ayam teriyaki yang siap membuat sajian sahur menjadi lebih menggoda. Demikian informasi resep masakan dari kami dan selamat mencobanya.
Advertisement
Tips Membuat Ayam Teriyaki Yang Mantap | Lindsey | 5