Resep Kue Basah Yang Manis Dan Nikmat

Advertisement
Kue basah yang manis tentu menjadi idola bagi mereka yang senang dengan kue tradisional. Meski bentuk dan asalnya dari daerah, namun kue basah ini boleh diadu dari citarasanya yang membuat orang menjadi ketagihan. Berikut ini resep kue talam yang dikenal sebagai kue basah yang manis dan nikmat.

Resep Kue Basah Yang Manis Dan Nikmat

Kue Talam

Kue dengan variasi dua warna ini begitu nikmat karena gabungan lapisan yang manis dengan lapisan yang sedikit asin sehingga membuat penikmatnya menjadi tidak bosan.

• Bahan-bahan kue talam

Yang harus dipersiapkan untuk pembuatan kue basah yang manis ini adalah dengan menyiapkan bahan untuk lapisan warna hijau yang terdiri dari tepung beras 225 gram, tepung kanji 75 gram, santan 1.050 ml atau 1 ½ butir, gula pasir 300 gram dan 100 ml perasan daun suji (80 lembar). Pelengkapnya yaitu 1 lembar daun pandan, ½ sendok teh garam dan pewarna hijau untuk makanan 2 tetes.

Untuk lapisan cokelatnya, yang disiapkan adalah 450 ml santan yang dibuat dari ½ butir kelapa, 2 lembar daun pandan, 225 gram gula merah yang telah diiris tipis dan ¾ sendok teh garam. Persiapkan juga 2 sendok teh tepung beras dengan 75 ml air panas dan 75 gram tepung kanji.

• Cara membuat kue talam

Pertama yang dilakukan pada kue basah yang manis ini adalah membuat lapisan hijau dengan cara mendidihkan santan, gula, perasan daun suji, daun pandan, pewarna beserta garam dalam sebuah panci. Aduk secara perlahan hingga hangat kuku. Setelah itu tuang campuran tepung beras dan tepung kanji secara perlahan sambil terus diaduk dan diuleni hingga menjadi adonan yang licin. Terakhir, tuangkan adonan tersebut kedalam cetakan kue mangkok hingga setinggi ¾ cetakan tersebut. Kukus selama 20 menit.

Sambil menunggu lapisan pertama jadi, mulailah membuat lapisan kedua yang berwarna cokelat dengan cara merebus santan, gula merah, daun pandan beserta garam hingga mendidih. Setelah itu saring hingga tersisa cairan yang jernih. Persiapan lainnya yaitu dengan mengaduk tepung beras dengan air panas yang lalu dicampurkan kedalam cairan gula merah tersebut. Aduk secara merata dan tuangkan keatas tepung kanji.

Setelah tercampur dengan rata, tuang adonan tersebut kedalam lapisan hijau tadi dan kukus selama 15 menit.
Kue basah yang manis tersebut kini sudah siap disajikan bersama dengan kopi ataupun teh saat pagi dan sore hari. Jadi mari saatnya berkreasi untuk keluarga tercinta.
Advertisement
Resep Kue Basah Yang Manis Dan Nikmat | Lindsey | 5