Sejarah Makanan Tradisional Kaum Cina yaitu Dim Sum

Advertisement
Pagi hari ini saya akan berbagi informasi kepada anda semua sejarah masakan tradisional yaitu Dim sum. Dim sum adalah jenis makanan negeri Cina yang merupakan hidangan ringan yang sering dihidang bersama teh Cina. Yum cha adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan makanan ini secara keseluruhan, khususnya dalam kantonis sejaman dan ia juga dihidangkan pada waktu pagi sampai tengah hari di kedai makan Cina dan di kedai makan khas dim sum.

Dim sum adalah salah satu masakan yang sangat lezat, cemilan khas tradisional cina

Sejarah dan Dari Mana Masakan Dim Sum Berasal ?

Dim Sum atau sering juga disebut Dianxin dalam bahasa mandarin secara harafiah berarti sedikit dari hati atau meyentuh hatimu. Kata ini disunting dari frasa yi dian xin yi yang artinya sedikit tanda mata, kemudian secara umum digunakan sebagai nama untuk menyebut cemilan ringan ini. 

Kebiasaan makan dim sum bermula pada periode jalur sutra (Asia Tengah Cina) dan Dinasti Han (206 SM) sampai Dinasti Yuan pada Abad 14M. Saat itu para petani, buruh, dan para pedagang yang berbisnis di sepanjang jalur sutra sering mampir di kedai teh pinggir jalan untuk meminum teh pada sore hari.

Agan harus tau juga bahwa kebiasaan ini sempat memudar lho pada abad ketiga gara-gara Tabib terkenal Hua Tuo mengatakan kebiasaan memakan dim sum sambil minum teh bisa membuat badan jadi gemuk. Orang Kanton (Guangdong/Kwangtung) di Cina Selatan tidak mengindahkan imbauan ini. malah menjadikan dim sum sebagai makanan tradisional yang dinikmati bersama teman-teman saat nongkrong sambil minum teh. Dari sinilah muncul istilah yumcha (mandarin yincha) yaitu minum teh di kedai teh bersama teman-teman dekat (bahasa gaolnya sohib) sambil menyantap dimsum.

Sejak abad ke-10 telah dikenal sekitar 2.000 jenis macam-macam dim sum. Di masa sekarang sebuah restoran besar dim sum biasanya sudah menyajikan sekitar 100 jenis dim sum. Dim sum kemudian menjadi sarapan pagi khas orang Hong Kong (Hong Kong terletak tepat di seberang Propinsi Guangdong, Cina, sehingga masyarakatnya mengikuti kebiasaan di Guangdong). Dim sum sengaja dibuat kecil agar mudah disantap dalam satu kali suapan Bentuknya harus indah agar menarik dan enak dinikmati bersama teh.
Macam jenis makanan tradisional dan internasional

Dim sum sering disajikan dalam wadah kukusan bambu agar tetap panas. Di Hongkong Dim sum kerap dinikmati bersama dengan teh sambil bermain mahjong/maciok (kenapa gak sekalian sambil main bola kaki ya, hehe :D). Para pria lansia biasanya datang ke restoran dim sum atau ke kedai teh sambil membawa kandang burung kesayangan mereka. Dim sum lebih baik dibuat dan disajikan dengan memperhatikan keharmonisan warna, bentuk, rasa, aroma, kualitas bahan dasarnya, jenis masakannya dan bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan. Dim sum dibagi atas 4 jenis atau kategori yaitu dim sum kukus, Ceker, acar, dan aneka masakan Dimsum goreng dan dimsum manis. Dianjurkan bagi penyuka dim sum memilih dim sum yang kandungan lemaknya rendah, namun kaya dengan karbohidrat seperti Steamed Rice-roll dan bakpao kukus.
 
 Sampai disini dulu yah gan postingan saya tentang masakan tradisional kaum cina, dan minggu depan akan saya lanjut dengan berbagai informasi menarik lainnya.
Advertisement
Sejarah Makanan Tradisional Kaum Cina yaitu Dim Sum | rahmad | 5