Mengenal Aneka Jenis-Jenis Makanan Dim Sum Terpopuler di Indonesia

Advertisement
Tak kenal maka tak sayang, jadi jangan ngaku pernah makan Dim sum jika anda tidak tau jenis-jenis Dim sum. Seperti yang sudah saya katakan di postingan sebelumnya bahwa makanan Dim sum itu bukan hanya satu jenis saja, tetapi ada beraneka jenis makanan Dim sum. Sebenarnya, ada lusinan bahkan lebih jenis-jenis Dim sum di dunia ini. Namun, karna kita tinggal di Indonesia maka saya hanya akan memberitahukan jenis-jenis Dim sum yang populer di Indonesia saja.

Oh ya, sekedar mengingatkan bagi kalian yang ingin mengetahui jenis-jenis dim sum di Indonesia, kalian juga bisa membaca mengenai sejarah makanan ini pada artikel sejarah dim sum.
jenis Dim sum yang populer di indonesia, aneka makanan Dim sum, Makanan tradisional cina

Jenis-Jenis Dim Sum Terpopuler di Indonesia Tahun Ini

Ada banyak sekali jenis-jenis dimsum yang ada di dunia ini, namun saya hanya akan memberi informasi 10 jenis dimsum terpopuler di indonesia.

Jenis Dim Sum Har Gow atau Shrimp Dumplings

Jenis Dim sum yang satu ini adalah cacahan udang yang diisikan pada kulit tepung yang sangat tipis sekali. Tepung tersebut biasanya transparant, rasa Dim sum jenis ini lembut dan sedikit kenyal.

Jenis Dim Sum Shaomai atau Siomay

 Kita sering menyebut Dim sum jenis ini Siomay. sebenarnya pada tradisi dan resep aslinya, isi Siomay adalah babi atau udang yang dibungkus dengan kulit yang sedikit tebal (lebih tebal dari kulit Har Gow), lalu dibentuk bak bunga dan di atasnya ditaburi telur kepiting berwarna orange.

Jenis Dim Sum Char Siu Baau

Arti Baau adalah dipanggang atau dikukus. Merujuk pada roti yang terbuat dari tepung ini dan saat dimasak akan mengembang bak pipi chubby. Di dalam makanan Dim sum ini biasanya diisi dengan sayuran, daging, atau kacang-kacangan. Sedangkan Char Siu Baau umumnya diisi dengan babi yang di barbekyu ala kanton. Dikukus dan pada bagian luarnya dilapisi gula agar mengkilap.

Jenis Dim Sum Mantou

 Jenis Dim sum yang satu ini mirip dengan Char Siu Baau, perbedaannya roti yang satu ini disajikan tanpa isi apapun. Rasa rotinya kenyal dan lembut, seperti meleleh dan menari di atas lidah.

Jenis Dim Sum Phoenix Claws

Jenis Dim sum Phoennix Claws, disebut Phoenix Claws karena sebenarnya ini adalah kaki atau ceker ayam yang direndam dalam bumbu, direbus, digulingkan di saus kental, dan kemudian baru dikukus. Teksturnya ringan dan berbumbu, di setiap gigitannya sangat empuk dan mengeluarkan rasa lezat dan gurih.

Jenis Dim Sum Spare Ribs

Biasanya daging yang disajikan Dim sum Spare Ribs adalah daging babi atau sapi, namun bagian iga. Dipotong memanjang dan dimasak dengan bumbu yang meresap dan spesial, ada juga yang disajikan dengan digoreng maupun dikukus.

Jenis Dim Sum Steamed Meatball

Bentuk jenis Dim sum yang ini seperti baso, baso ini dibuat dari daging sapi pilihan yang segar, lalu dihancurkan dan direbus dalam bentuk bola-bola dan disajikan dengan potongan kulit jeruk yang segar agar tidak amis.

Jenis Dim Sum Lotus Leaf Rice

Yang dimaksud Dim sum Lotus Leaf Rice adalah Nasi yang dimasak dengan campuran kuning telur, kepiting, jamur, daging ayam atau babi, serta cacaha kacang, kemudian dibungkus dalam daun teratai sehingga aromanya wangi dan berbeda dari biasanya.

Jenis Dim Sum Spring Roll

Spring Roll adalah jenis Dim sum berupa racikan sayuran seperti : wortel, kol, jamur yang dicacah tipis dan dicampur daging dan kemudian dibungkus dalam kulit tepung yang tipis lalu digoreng. 
Rasa Dim sum jenis Spring Roll ini kerenyahannya membuat anda tak ingin berhenti makan, Hehe :D

Jenis Dim Sum Tofu Skin Roll

Dim sum yang satu ini hampir sama dengan Spring Roll, perbedaannya dim sum jenis ini bungkusnya tidak terbuat dari tepung, tetapi dari tahu.
Itulah aneka jenis-jenis Dim sum yang populer di Indonesia, dan semoga postingan saya ini berguna bagi anda, terima kasih ...
    Advertisement
    Mengenal Aneka Jenis-Jenis Makanan Dim Sum Terpopuler di Indonesia | rahmad | 5