9 Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan

Advertisement
jus wortel yang segar baik untuk kesehatan kita
Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan - Banyak yang mengira kalau wortel itu adalah sejenis buah-buahan. Padahal tidak, wortel itu termasuk ke dalam golongan sayur-sayuran, dimana bagian yang biasa dimakan adalah bagian umbinya yang berwarna orange (beberapa varietas bahkan ada yang berwarna ungu, merah, putih, atau kuning).

Wortel adalah bagian dari tumbuhan yang memiliki nama ilmiah daucus carota yang banyak sekali tumbuh dibeberapa daerah eropa dan asia bagian barat daya. Tumbuhan wortel  ini dapat tumbuh sampai 1 meter dengan bunga berwarna putih.

Sebenarnya, tumbuhan ini pun memiliki buah yang biasa disebut mericarp oleh para botanis (ahli tumbuh-tumbuhan), dan buah ini juga termasuk jenis schizocarp. Tumbuhan wortel dapat ditanam sepanjang tahun atau kapanpun, terutama didaerah pegunungan yang memiliki suhu udara dingin dan lembab.

9 Manfaat Jus Wortel

Meskipun wortel memiliki citarasa yang manis dengan teksturnya yang renyah, tetapi tidak banyak orang  yang mau mengkonsumsinya secara langsung atau mentah. Diantara mereka lebih banyak menyukai wortel dalam bentuk lain, yaitu jus wortel. Bisa jadi juga anda salah satunya

Manfaat jus wortel - Mengobati daya penglihatan atau rabun senja

 Ambil wortel secukupnya dan cuci sampai bersih. Setelah itu kulitnya dikupas, wortel diparut atau diblender setelah dipotong-potong. Campurkan dengan air matang, lalu disaring kedalam gelas. Anda juga bisa menambahkan gula sebagai pemanis. Minumlah jus wortel setiap pagi, siang, dan malam hari. Jus ini juga cocok untuk anak bayi dengan mencampurkan susu padanya.

Manfaat jus wortel - Mengobati hipertensi atau darah tinggi

Ambil 500 gram wortel lalu cuci sampai bersih dan dipotong-potong setelah kulitnya dikupas. Setelah itu campurkan potongan wortel itu dengan sedikit air matang, lalu di blender. Setelah wortel sudah halus, saringlah hasil blenderan itu dan minum segera. Usahakan juga yah gan untuk rutin minum air wortel ini tiga kali dalam sehari.

Manfaat jus wortel - Mengobati demam pada anak

Ambil 200 gram wortel kemudian dicuci sampai bersih. Lalu parut wortel tersebut setelah kulitnya dikupas, campur dengan sedikit air matang dan peras sampai keluar sarinya. Setelah itu rebus air perasaannya dan minum selagi hangat. Bila anda tidak suka rasa jus wortel yang original, anda bisa juga menambahkan gula sebagai pemanis.

Manfaat jus wortel - Mengobati batuk

Ambil satu batang wortel lalu bersihkan dan parut setelah kulitnya dikupas. Setelah di parut beri beberapa sendok air panas dan peras. Hasil saringannya bisa ditambahkan sedikit gula aren biar manis, lalu aduk sampai rata. Saran saya minum dua kali sehari.

Nyeri haid

Wortel 250 gram dicuci bersih, lalu dipotong-potong setelah kulitnya dikupas Dan tambahkan sedikit air, lalu blender. Usahakan untuk meminum jus wortel ini setidaknya dua kali dalam sehari.

Sembelit

Ambil dua buah wortel yang masih muda lalu dicuci sampai bersih dan parut setelah kulitnya dikupas dan tambahkan dua sendok makan air matang dan sedikit garam, lalu diperas. Saran saya minum sarinya dua kali sehari.

Mencegah kanker

Kandungan beta karoten pada buah wortel rata-rata adalah 12.000 IU. Para ahli kesehatan menganjurkan kita untuk mengkonsumsinya sebanyak 15.000-25.000 IU perhari, beta karoten dipercaya mampu mencegah penyakit kanker, karena sifat antioksidannya yang melawan kerja destruktif sel-sel kanker. Beta karoten juga membantu sistem kekebalan tubuh kita yang menghasilkan sel pembuluh alami.

Menurunkan kolesterol darah

Buah wortel juga mengandung pektin yang  baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat tinggi yang ada di wortel sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Kalium dalam darah dan vitamin A di wortel membantu hati menghilangkan toksin (racun)didalam tubuh.

Menghaluskan wajah dan mengatasi luka bakar

Telah disebutkan bahwa kandungan beta karoten pada buah wortel adalah sebagai antioksidan. Bagi kulit, antioksidan jelas sangat mampu mengurangi efek radiasi sinar matahari.
Sampai disini informasi  manfaat jus wortel bagi kesehatan dan besok akan saya lanjut dengan informasi menarik lainnya.


Advertisement
9 Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan | rahmad | 5