Cara Membuat Minuman Es Cendol Yang Dijamin Enak

Advertisement
Minuman es cendol merupakan minuman yang bisa melepaskan dahaga bagi mereka yang sudah beraktivitas seharian. Minuman ini memiliki nama lain yaitu es dawet jika ada di daerah Purworejo. Warnanya yang hijau dan dikombinasikan dengan cokelatnya warna cairan gula, semakin mantap jika diminum saat siang hari. Untuk mendapatkan minuman es cendol ini sebaiknya dilakukan sendiri agar lebih aman.

Cara Membuat Minuman Es Cendol Yang Dijamin Enak

Mengapa harus dilakukan di rumah sendiri? Banyaknya pedagang nakal yang menambahkan zat berbahaya  kedalam cendolnya membuat setiap orang yang memakannya akan beresiko buruk terhadap kesehatan. Bukannya mendapat kesegaran justru penyakitlah yang muncul. Untuk itu, segera buat minuman es cendol ini melalui langkah yang kami berikan.

Es Cendol Yang Menggoda

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan

Adapun bahan yang harus dipersiapkan meliputi bahan pembuat cendol dan bahan untuk kuahnya. Untuk bahan pembuat cendolnya, yang harus disiapkan adalah santan sebanyak 500 ml, tepung beras 100 gram, pasta pandan untuk makanan 1 sendok, air matang dan bersih 1 liter, air kapur sirih 1 sendok dan es batu 70 gram.

Untuk saus atau kuahnya, yang disiapkan adalah gula merah 250 gram, santan ½ liter, air matang ¼ liter dan daun pandan 1 lembar.

Teknik pembuatan es cendol

Untuk membuat minuman es cendol yang menyegarkan, dimulai dengan mencampur semua bahan pembuat cendol kecuali air matang dan es batu seperti santan,  sejumlah tepung beras, pasta pandan dan air kapur. Aduk hingga tercampur dan kental seperti bubur.

Siapkan baskom yang telah diisi air matang dan es batu. Sediakan pula saringan untuk mencetak cendol. Gunakan cetakan yang memiliki lubang agak besar agar cendol yang dihasilkan tidak terlalu kecil. Tuang adonan tersebut kedalam cetakan yang dibawahnya telah siap baskom berisi air es. Dengan sendirinya atau ditekan sedikit, bentuk cendol akan secara otomatis masuk ke baskom dan langsung terbentuk tanpa bersatu lagi dengan hasil cetakan lainnya.

Untuk kuahnya, masak air hingga mendidih yang dicampur dengan gula jawa dan daun pandan. Aduk secara merata hingga gula menjadi larut. Masukkan pula serpihan kelapa yang masih muda ke dalamnya. Sedangkan untuk santannya, didihkan santan dan aduk terus sehingga tidak pecah,agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Untuk penyajiannya, campurkan cendol kedalam mangkuk saji dan tuangkan diatasnya kuah dan santan. Dengan begitu, minuman es cendol ini akan menjadi sebuah hidangan yang nikmat dan menyegarkan.
Advertisement
Cara Membuat Minuman Es Cendol Yang Dijamin Enak | Lindsey | 5