Kesegaran Minuman Es Kelapa Muda Bercampur Selasih

Advertisement
Kesegaran Minuman Es Kelapa Muda Bercampur Selasih
Minuman es kelapa muda menjadi minuman favorit bagi setiap orang yang melaksanakan ibadah puasa. Selain rasanya yang enak, kesegaran air dan buah kelapa yang masih muda menjadi pembangkit tenaga yang cukup efektif setelah seharian berpuasa. Dengan banyaknya orang yang menyukainya, banyak pula para pedagang yang menjual minuman es kelapa muda tersebut.

Tak hanya untuk suasana Ramadhan saja, namun minuman es kelapa muda ini bisa juga untuk mereka yang kehausan saat siang hari setelah beraktivitas di luar yang pasti terpapar sinar matahari yang panas dan macetnya jalanan ibu kota. Untuk memudahkan Anda menyiapkan minuman tersebut, buat saja secara mandiri es kelapa muda dengan variasi selasih yang menyegarkan.

Es Kelapa Muda Selasih

Komposisi es kelapa muda bercampur selasih

Kesegaran minuman penghilang dahaga ini terdiri dari beberapa bahan yang sangat segar yaitu
Kelapa muda yang diambil dagingnya saja sebanyak 400 gram. Kerok dengan menggunakan sendok agar lebih mudah.
Biji selasih sekitar 1 sendok makan yang terlebih dahulu direndam dalam air dingin hingga mengembang.
Air kelapa muda sekitar 600 mili liter yang dicampur dengan 400 mili liter air matang. Simpan dalam kulkas untuk menambah kesegaran
Terakhir adalah es batu sesuai selera.

Tak cukup hanya bahan itu saja, namun minuman es kelapa muda juga harus dilengkapi oleh sirup gula yang terbuat dari gula pasir sebanyak 150 gram, gula merah 50 gram, air bersih atau matang 250 mili liter dan daun pandan 1 lembar.

Cara dan teknik membuat es kelapa muda selasih

Cara pembuatannya sangatlah mudah dan cepat. Pertama-tama adalah dengan membuat sirup gulanya terlebih dahulu. Caranya dengan mencampurkan bahan pembuat sirup gula hingga mendidih dan mengental. Angkat dan saring agar sirup menjadi bersih dari sisa ampas. Dinginkan dan simpan pada kulkas.

Siapkan sebuah atau beberapa gelas sesuai jumlah anggota keluarga. Tuangkan sirup gula, kelapa muda, selasih dan campuran air matang dan kelapa yang tadi disimpan dalam kulkas.

Terakhir, tambahkan es batu diatasnya dan es kelapa muda campur selasih pun siap disajikan.

Segarnya minuman es kelapa muda ini bisa menjadi menu yang istimewa. Terlebih saat menjelang buka puasa. Dengan membuat sendiri, Anda menjadi lebih hemat dalam pengeluaran sekaligus menambah wawasan tentang kuliner yang lezat dan menyegarkan.
Advertisement
Kesegaran Minuman Es Kelapa Muda Bercampur Selasih | Lindsey | 5